Selasa, 20 Oktober 2015

BUKU JURNAL

PENGERTIAN JURNAL

Buku Jurnal adalah media pencatatan transaksi secara kronologis berupa pendebitan dan pengkreditan rekening beserta penjelasan yang diperlukan dari transaksi tersebut. Jurnal merupakan catatan akuntansi yang pertama sehingga sering disebut The Books of Original Entry. Di dalam buku jurnal semua transaksi dicatat sehingga dari buku jurnal kita dapat mengetahui semua transaksi yang terjadi di dalam perusahaan. Buku jurnal dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menampung penjelasan-penjelasan yang menyertai transaksi tersebut karena buku jurnal merupakan sumber pencatatan transaksi ke dalam rekening buku besar.


FUNGSI JURNAL
 
Fungsi jurnal umum sebagai berikut :
 
Mencatat/record : mencatat semua transaksi dan kejadian atau peristiwa yang mengakibatkan perubahan posisi harta,utang dan modal. 

Historis : mencatat transaksi/kejadian yang telah berlalu secara urut waktu/kronologis

Analisis : menganalisis pengaturan transaksi/kejadian terhadap posisi harta, utang dan modal sehingga dapat diketahui akun mana yang bertambah dan berkurang

Instruktif : memberikan instruksi atau perintah untuk mencatat (menggolong-golongkan) 

Informatif : memberikan penjelasan tentang waktu dan peristiwa ekonomi yang terjadi, pengaruhnya terhadap akun yang bersangkutan, nama debitur atau kreditur dan sebagainya.


PROSEDUR PENYUSUNAN JURNAL UMUM

Proses pencatatan / penjurnalan mengikuti lima langkah berikut ini:

a) Mengidentifikasikan transaksi dari dokumen sumbernya, misalnya dari slip deposito   bank, penerimaan penjualan dan cek.
 
b) Menentukan setiap perkiraan yang dipengaruhi oleh transaksi tersebut dan mengklasifikasikan berdasarkan jenisnya (aktiva, kewajiban atau modal).
 
c) Menetapkan apakah setiap perkiraan  tersebut mengalami penambahan atau pengurangan yang disebabkan oleh transaksi itu.
 
d)  Menetapkan apakah harus mendebet atau mengkredit perkiraan.
 
e)  Memasukkan transaksi tersebut kedalam jurnal
 
Kesimpulan

Penjurnalan adalah suatu tahap dalam siklus akuntansi yang bertujuan untuk   mengidentifikasi,   menilai,   dan mencatat  dampak  ekonomi  dari  transaksi  terhadap perusahaan secara kronologis,  untuk  mempermudah pemindahan ke dalam perkiraan. Setelah dilakukan penjurnalan maka saldo dari masing-masing akun yang didapat dari penjurnalan diposting ke Buku Besar
 


0 komentar:

Posting Komentar